Laman

Kamis, 10 Desember 2015

Sejarah Kerajaan Wewewa dan Kerajaan Kodi



 www.google.com


Selain mempunyai sejumlah tempat wisata yang eksotik, Pulau Sumba juga ternyata punya cerita sejarah mengenai kerajaan-kerajaan pada masa lampau. Seperti apa cerita sejarah tersebut? 

Kerajaan Wewewa
Kerajaan ini dikukuhkan oleh Korte Verklaring pada tanggal 23 Desember 1013. Kerajaan ini terdiri dari beberapa wilayah adat, yaitu Lewata, Mangutana, Mbaliloko, Pola, Weemangura, Taworara, Rara, Ede dan Tanamaringi. 
Korte Verklaring dipilih menjadi salah satu raja oleh Mete Umbu Pati. Setelah meninggal dunia beliau digantikan oleh putranya, Mbulu Engge. Tahun 1934 Mbulu Engge dibuang ke Sumbawa Besar karena terlibat perkara hukum. 
Sejak itu Kerajaan Wewewa dibagi menjadi tiga wilayah kesatauan yang semuanya berada di bawah sebuah Komisi Pemerintahan, yaitu wilayah Lewata-Mangutana yang diperintah oleh Raja Wada Mbombo, wilayah Weemangura di bawah pimpinan raja bantu Gidion Mbulu, dan wilayah Pola (Palla) di bawah pimpinan raja bantu Jakub Inangele. Komisi ini berada dibawah pengawasan raja Louli, koki Umbu Daka. Setelah kembali dari pembuangan, Mbulu Engge kembali terpilih menjadi raja Wewewa sampai terjadinya perubahan sistim pemerintahan di tahun 1962. 

Kerajaan Kodi
Kerajaan Kodi dikukuhkan dengan Korte Verklaring tanggal 3 Mei 1913. Pemerintah Belanda sebetulnya sudah mengajukan penandatangan Korte Verklaring pada tahun 1908 namun di tolak oleh Rato Loghe Kandua, raja Kodi Bokol yang saat itu berkuasa. 
Penolakan ini mendapat reaksi keras dari Belanda dan pada akhirnya memicu munculnya perlawanan rakyat dibawah pimpinan Wona Kaka. Sebelum tahun 1912 di wilayah Kodi terdapat dua kerajaan yaitu Kerajaan Kodi Bokol dan Kerajaan Mbangedo. 
Pada tahun 1915 wilayah Rara dan Ede dilepas dari Kerajaan Mbangedo dan digabungkan dengan Kerajaan Wewewa, begitu pula wilayah Gaura digabungkan dengan Kerajaan Lamboya. Pada tahun 1919 Raja Mbangedo, Rija Kanda, meninggal dunia dan digantikan oleh Rangga Kura. Tahun 1929 Rangga Kura digantikan oleh Rya Bokola samapi tahun 1931.
Selanjutnya Kerajaan Mbangedo digabung dengan Kerajaan Kodi dibawah kekuasaan Raja Kodi waktu itu, Dera Wula. Untuk wilayah Kerajaan Mbangedo sendiri diangkat seorang raja bantu, yaitu Tari Loghe. Sewaktu beliau wafat dan digantikan oleh Hermanus Rangga Horo. 
 Raja bantu ini kemudian diangkat menjadi Raja Kodi menggantikan Dera Wula yang meninggal dunia pada tahun 1945. Hermanus Rangga Horo menjabat sebagai raja Kodi sampai terjadinya perubahan sistim pemerintahan. (WD)

1 komentar:

  1. Shalom....apa blog ini masih aktif?salam perkenalan buat Kitorang Flobamora...mohon kontak balik.

    BalasHapus